Komunikasi Online

MATERI  KOMUNIKASI ONLINE

 

Era internet sudah datang di indonesia, hampir semua orang saat ini terhubung dengan dunia internet minimal melalui teknologi mobile tapi tetap saja semuanya adalah internet yang memang mampu menyajikan informasi secara cepat kepada penggunanya tanpa ada batasan ruang dan waktu asalkan ada koneksi yang memadai

Dunia internet yang semakin canggih telah mengubah cara pandang orang, mulai dari cara konvensional beralih ke cara yang lebih efisien salah satunya adalah dengan maraknya penggunaan email dan social media yang semakin lazim, begitu juga dengan website yang juga menjadi sesuatu yang lumrah bagi mereka yang terhubung ke dunia maya

Media website adalah yang menjadi sarana komunikasi terpopuler saat ini, dimana penyaji informasi dapat berkomunikasi secara interaktif secara langsung dengan para audience nya. Untungnya saja saat ini membangun website tidaklagi sulit, anda bisa mencari jasa pembuatan website yang ada atau menggunakan cms siap pakai.

CMS yang ada saat ini hampir semuanya sudah memenuhi syarat untuk anda yang ingin memiliki website dinamis dengan harga yang seminimal mungkin

Apa sih sistem komunikasi online itu??? nah ada baiknya bila kita tahu dulu apa itu sistem, komunikasi, dan online.  Sistem itu kan banyak pengertiannya coba aja deh kalian serching pengertian sistem kalo ga percaya. Untuk memudahkan kita sepakat aja yah bahwa sistem itu kita artikan sebagai sekumpulan unsur / elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencapai suatu tujuan. Kita ambil contoh sistem komputer, didalam sistem komputer terdapat software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware (sumber daya manusia).

Setelah tahu pengertian sistem, sekarang beralih ke pengertian komunikasi. Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga pesan yang dimaksud dapat dimengerti. Online, Online menurut om wiki adalah keadaan di saat seseorang terhubung ke dalam suatu jaringan ataupun sistem yang lebih besar.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Sistem Komunikasi Online adalah suatu sistem pengiriman data melalui fasilitas telekomunikasi dari satu lokasi ke pusat pengolahan data, data yang dikirim langsung diproses oleh CPU (Central Processing Unit). Pada sistem komunikasi On line ini, data yang dikirim melalui terminal komputer bisa langsung diperoleh. Langsung diproses oleh komputer pada saat kita membutuhkan.

Sistem Komunikasi Online ini dapat berupa :

Realtime System

Realtime system merupakan salah satu system komunikasi online yang pemrosesannya seketika pada saat data diterima dan kemudian mengirimkan kembali hasil pengolahan ke pengirim data saat itu juga. Pada realtime system, merupakan komunikasi data dengan kecepatan tinggi. Kebutuhan informasi harus dapat dipenuhi pada saat yang sama atau dalam waktu seketika itu juga.

Batch Processing System

Suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai dimana pemrosesan dilakukan di terminal masing-masing pemakai, hasil transaksi disimpan terlebih dahulu di masing-masing terminal (dilakukan batch) kemudian pada akhir hari baru dilakukan rekonsiliasi.

Time Sharing System

Time sharing system adalah suatu teknik penggunaan online system oleh beberapa pemakai secara bergantian menurut waktu yang diperlukan pemakai Salah satu penggunaan time sharing system ini dapat dilihat dalam pemakaian suatu teller terminal pada suatu bank.

Distributed Data Processing System

DDP system dapat didefinisikan sebagai suatu system komputer interaktif yang terpencar secara geografis dan dihubungkan dengan jalur telekomunikasi dan seitap komputer mampu memproses data secara mandiri dan mempunyai kemampuan berhubungan dengan komputer lain dalam suatu sistem.

 

 
Referensi : http://opr3kkomd4.wordpress.com/2010/02/26/sistem-komunikasi-off-line-dan-on-line/

Tinggalkan komentar