Jejaring Sosial

Manfaat Jejaring Sosial dalam Dunia Pendidikan

socialmedia1Globalisasi saat ini telah menyebar sangat cepat hingga seluruh dunia. Peradaban manusia yang semakin pesat membuat orang menciptakan teknologi untuk mempermudah hidupnya. Dahulu jika orang ingin berkomunikasi harus bertemu dan bertatap muka satu sama lainnya, kini cukup memakai telepon, kita bisa berkomunikasi dengan teman atau saudara yang bertempat tinggal yang jauh.

Dan sekarang, teknologi semakin mempermudah kita untuk membangun komunikasi dengan adanya jejaring sosial. Jejaring sosial ini kemudian disenangi oleh banyak kalangan karena selain lebih mudah, kitapun bisa berbicara langsung dari jarak yang jauh. Salah satu jejaring ini adalah Facebook.

Dengan memiliki alat komunikasi yang modern seperti tablet PC, Smartphone dan gadget lain, kita semakin dipermudah dalam mengungkapkan emosi kita kepada sesama user.

Tak terkecuali anak-anak dan remaja. Siapa sih yang tidak mengenal Facebook? Tidak gaul jika tidak memiliki akun facebook. Itulah yang akan dikatakan oleh anak-anak kepada sesamanya jika salah satu temannya belum memiliki akun facebook.

Persoalan bertambah terkait etis-tidaknya anak-anak memiliki akun Facebook, dan ini menjadi dilema yang harus segera dipecahkan. Namun, argumen mengenai kepemilikan akun Facebook jauh lebih sulit. Sebab, kenyataannya Facebook memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat Anda hendak membolehkan atau melarang anak membuat akun jejaring sosial ini.

Kelebihan Jejaring Sosial

  • Kemampuan Beradaptasi

business-and-social-media

Dengan jejaring sosial siswa akan mampu belajar cara mengembangkan kemampuan teknis dan sosial yang dibutuhkan mereka dalam menghadapi era digital sekarang ini. Mereka akan menemukan cara beradaptasi dan bersosialisasi dengan sahabatnya di jejaring sosial, serta kemampuan memanajemen pertemanan mereka.

  • Perluasan Jaringan Teman

hyper-connected_070813

Dengan jejaring sosial para siswa bisa menambah jaringan pertemanannya tanpa harus bertemu langsung sehingga mereka dengan mudah menciptakan suatu komunitas yang bermanfaat bagi mereka, entah itu dalam diskusi pelajaran maupun hal-hal lain yang bisa memberikan kontribusi positif bagi mereka para siswa.

  • Termotivasi

social-media-women-300x210 (1)

Dengan terbentuknya komunitas pertemanan yang luas, ini akan mampu memotivasi para siswa dalam mengembangkan diri dari materi atau masukan teman-teman baru mereka yang terhubung secara online.

  • Meningkatkan Kepedulian

social_media_marketing1

Saling sapa didalam situs jejaring sosial secara perlahan akan meningkatkan kualitas persahabatan, perhatian dan empati sesama teman yang saling terhubung secara online. Sapaan kepada teman lainnya membuat teman yang disapa merasa diperhatikan, berbagi photo, berbagi video, berbagi cerita, ini akan meningkatkan rasa kepedulian satu sama lain walaupun mereka tidak pernah bertemu secara nyata. Bentuk-bentuk perhatian seperti ini mampu mempererat tali persahabatan diantara teman dalam jejaring sosial maka secara alami mereka akan menjaga kualitas pertemanan mereka. Hal yang sederhana namun memberikan efek yang sangat baik dalam membentuk suatu komunitas yang saling menjaga persahabatan sesama teman.

 

Jejaring Sosial Pendidikan

Selamat berakhir pekan kawan – kawan semua. salam pendidikan untuk kita semua. kita semua pasti tidak akan lupa dengan JEJARING SOSIAL, ya atau yang lebih di kenal dengan Sosial Network, abad tahun ini Sosial Network sudah mendarah daging di antara kita. mungkin hidup tanpa Sosial Network hamba rasanya. kali ini saya akan mengulas SN ( Sosial Network ) Yang mungkin di bilang baru. namun Sn kali ini beda dari yang lainya. yupz benar. Sosial Network kali ini di kembangkan oleh jaringan Telekomunikasi terbesar di Indonesia TELKOM yang bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan. ini adalah namanya SIAP-ONLINE.com. mungkin semuanya sudah tahu khususnya mereka yang bergerak di bidang pendidikan.dan apa itu siap-online.com .
Jika kami diminta mengajukan sebuah pernyataan dalam satu kalimat singkat, maka berikut ini pernyataan kami:

“SIAP Online menyediakan total solusi layanan aplikasi online terpadu untuk dunia pendidikan Indonesia”.

SIAP Online hadir memadukan beragam sistem dan aplikasi online yang dibutuhkan oleh sekolah, guru, siswa, dan orangtua/wali siswa dengan instan tidak merepotkan (Daftarkan segera akun SIAP Online Anda dengan mudah).
SIAP Online mampu mengelola data dan informasi pendidikan dengan lebih cepat, mudah, akurat, terpadu dan berkesinambungan dari mulai tingkat sekolah, dinas pendidikan kota, kabupaten, propinsi hingga pusat (depdiknas). Semua kemampuan yang tersedia sangatlah terjangkau, berbiaya investasi rendah dengan nilai manfaat sangat tinggi (Pelajari selengkapnya alasan utama Anda menggunakan SIAP Online).
Kemampuan SIAP Online jauh lebih unggul daripada produk sejenis lainnya (Pelajari dan bandingkan).Dengan menggunakan model SaaS (Software as a Services) dan dukungan teknologi Komputasi Awan (Cloud Computing) terkini, SIAP Online mampu memberikan total solusi layanan aplikasi online pendidikan dengan BANYAK KEUNTUNGAN untuk Anda, yaitu:

Keuntungan

Mudah Tanpa Instalasi

  • SIAP Online 100% berbasis web !
  • Langsung pakai, mudah, cepat, instan dan tidak repot.
  • Hanya dengan PC/Laptop yang terkoneksi Internet, Anda dapat mengakses semua fasilitas layanan dari SIAP Online.

Akses 24 Jam

  • SIAP Online aktif 24 jam !
  • Tersedia setiap saat, akses kapan saja dan dari mana saja melalui Handphone, Laptop & Komputer.
  • Berbagi data dan informasi antar sekolah, guru, siswa dan para ortu/wali menjadi lebih menyenangkan, cepat, akurat dan nyaman.

Gratis Pemutakhiran

  • SIAP Online bebas biaya pemutakhiran !
  • Selalu terbarukan dengan perkembangan teknologi terkini.
  • Biarkan para pengembang (developer) profesional kami yang bekerja memutakhirkannya tanpa membebani dan merepotkan Anda.

Pengguna Tidak Terbatas

  • SIAP Online pusat sinergi komunitas pendidikan !
  • Akses untuk semua guru, siswa dan para ortu/wali siswa se-Indonesia
  • Berapapun jumlah mereka di sekolah Anda. Silakan, beri mereka akun akses ke layanan SIAP Onlline dengan bebas.
  • Sosial Media adalah Pintu Gerbang ke Dunia Maya

Tidak mungkin mengisolasi akun Facebook dari seluruh jaringan internet yang lain. Jika Anda berpikir anak terlalu muda untuk menjelajahi internet atau tidak dapat dipercaya untuk tetap mengakses Facebook, maka memperkenalkannya dengan Facebook dan membuat akun sendiri adalah ide yang buruk.

  • Anak-anak Menjadi Kasar

Jejaring sosial memberikan kebebasan atau ruang untuk mengekspresikan diri dengan berkomentar. Namun komentar yang dikeluarkan bisa saja menyinggung orang lain. Kalaupun anak Anda tidak melakukannya, ia menjadi terbiasa dengan ejekan, olok-olok, web bullying,dan semacamnya. Bisa saja ia menganggap hal tersebut sesuatu yang lumrah, lalu melontarkannya pada Anda ketika mereka tidak sepakat dengan Anda. Akibatnya, terjadi pergeseran nilai tentang kesantunan yang Anda tanamkan selama ini.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa yang namanya jejaring sosial itu sangat luas sehingga kita bisa mendapatkan informasi dengan cepat, selain itu jejaring sosial juga bisa berpengaruh dalam pendidikan remaja hususnya dalam pendidikan anak-anak karena bisa merusak moral dan etika dalam kepribadian diri.

Jejaring Sosial Pendidikan

12022012

jejaring sosial pendidikanJejaring Sosial atau Media Sosial (Social Media), secara umum dapat memberikan kemanfaatan dalam bidang pendidikan, asalkan dipergunakan secara positif dan tepat. Baik bagi jenjang pendidikan mulai dari bangku sekolah hingga kuliah, atau lainnya yang berkaitan. Ada pulajejaring sosial atau situs pertemanan yang secara khusus bertemakan mengenai pendidikan. Lebih spesifik dengan fitur-fitur yang telah disesuaikan. Agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. Berikut ini adalah beberapa jejaring sosial yang bertemakan pendidikan, baik besutan dalam negri maupun luar negri.

1. ThinkQuest

Oracle Thinkquest adalah sebuah situs web pembelajaran yang disponsori oleh Oracle Education Foundation. Situs web ini dikhususkan untuk pelajar dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas serta para guru yang mendampingi mereka. Review Selengkapnya…

thinkquest

2. Geschool

Geschool adalah website jejaring sosial yang berbasis pendidikan. Sebagaimana jejaring sosial lainnya, geschool.net bertujuan untuk pertemanan dengan berbagai fiturnya. Geschool.net menggabungkan kemampuan jejaring sosial Facebook dan Twitter sehingga sangat layak untuk menjadi media sosial baik pelajar maupun masyarakat secara luas. Review selengkapnya…

Geschool

3. Hoodemia

Hoodemia dikembangkan oleh Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) Universitas Indonesia (UI) dan mungkin merupakan sedikit dari jejaring sosial yang terafiliasi secara resmi dengan institusi pendidikan. Review selengkapnya…

Hoodemia

4. Sekolah Juara

Sekolah Juara adalah sebuah layanan yang membantu sekolah untuk mengelola lembaganya. Melalui Sekolah Juara, Kepala Sekolah dapat menjalankan fungsi manajerialnya secara lebih rapi, terencana, akuntabel, dan aman. Sebab, Sekolah Juara menyediakan layanan program manajemen sekolah yang dioperasikan secara online, yang dengannya kepala sekolah didukung untuk mengimplementasikan sistem Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sebagai bagian dari otonomi pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah. Review selengkapnya…

Sekolah Juara
5. Siap Sekolah

SIAPKU adalah Jejaring Sosial Pendidikan Indonesia sebagai media berbagi beragam informasi tugas, berita, pengumuman, kegiatan hingga berkas (file) antara Sekolah, Siswa, Guru dan para Ortu/Wali Siswa. Review selengkapnya…

Siap Sekolah

6. Jibas

JIBAS singkatan dari Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah. jaringan yang dibentuk JIBAS akan menggabungkan fitur dan layanan berupa komunitas + konten + informasi + hiburan, mirip gabungan Facebook + Google + Yahoo + Wikipedia tetapi khusus untuk pendidikan Indonesia. Review selengkapnya…

JIBAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s