Simulasi Digital

Kurikulum 2013 segera dilaksanakan pada tahun ajaran 2013/2014 ini. Untuk SMK dimulai dari kelas X tahun ajaran baru ini. Sekolah-sekolah yang harus melaksanakan kurikulum 2013 juga telah dipilih. Dengan adanya penggantian kurikulum juga terjadi penggantian atau bahkan pengurangan mata pelajaran. Contohnya untuk SMK adalah Mapel Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi atau sering juga disebut KKPI. Karena pada kurikulum 2013 ditiadakan maka pengganti Mata Pelajaran KKPI di kurikulum 2013 adalah Simulasi Digital.

Mata Pelajaran Simulasi digital ini rencananya pada awal penerapan Kurikulum 2013 wajib diterapkan kepada seluruh SMK Invest. Dan para guru yang akan mengajar mata pelajaran simulasi digital ini adalah Mantan Guru KKPI yang telah memiliki sertifikat kompetensi Simulasi Digital (dilakukan diklat terhadap mantan guru KKPI).

simulasi digital

digital2

digital3

digital4

 

Bagi yang membutuhkan Silabus Simulasi Digital silakan Download Di sini  => IMG_0001 IMG_0002 IMG_0003 IMG_0004 IMG_0005 IMG_0006 IMG_0007 IMG_0008 IMG_0009 IMG_0010 IMG_0012 IMG_0011 IMG_0013

32 comments on “Simulasi Digital

  1. saya jg ngajar simulasi digital mas, ijin download yah..udah ada RPPnya yah mas?? klo ada izin download jg/…tks sebelumx mas

  2. assalamu’alaikum,,,
    salam dan sehat slalu,,,
    di t4 saya smster ini jg akan dimulainya mapel simdig,,tetapi mapel trsbt utk rebutan bbrp guru prodiktif (misal: mapel ini ingin di pegang oleh guru produktif TAv / perkantoran) sdgkn bahwa mapel ini adalah pengganti kkpi dan pengajarnya jg mantan guru kkpi,,, hny krna jam produktif berkrg akhrny yg bkn Hak.nya diambil,, dgn alasan menjelekan guru kkpi,,sungguh menyakitkan, mhn bimbingannya. wslsm

    • Harusnya yang pegang dari guru KKPI, Karena SIMULASI DIGITAL memang diperuntukkan untuk guru KKPI sebagai pengganti mata pelajaran yang dihapus..
      Kalau nantinya dipegang oleh guru produktif pembelajaran SIMULASI DIGITAL tidak dapat maksimal.. karena memang materinya mengarah ke MULTIMEDIA..
      Apa guru produktif kompeten di bidang MULTIMEDIA… Saran saya, guru KKPI harus memperjuangkan HAKnya..

  3. Simulasi Digital ini masuk dalam Dasar Program Keahlian ( Peminatan ) apakah untuk semua jurusan pak ? jadi bukan mulok ya pak ?

  4. iya pak. tp ada info terbaru ktnya simdig tdk boleh diajarkan di smstr ini krna blm ada dasar hukumnya. bnrkah itu.
    sungguh ht yg tdnya sudah sneng skrg hrs galau lg krna kptsn trsbt.
    mhn pencerahanya

    • Sudah ada dasar hukumnya… cuma masih sedikit yang nerapkan simulasi digital.. guru kkpi harus memperjuangkan mapel simulasi digital ini… kalau tidak untuk rebutan guru produktif untuk nambah jam… dan pembelajaran simulasi digital nantinya tidak efektif..

  5. blh mhn mnta penjelasanya dasar hukum trsbt. supaya sy jg bs men-share kpd tmn” yg kmrn smpt tdk jd diterapkanya mapel simdig. apa setiap kota br.bd” pak. mhn maf jk sy brtny terus. krna di kota sy msh simpang siur blm ada kjlsnya.

    • Setiap kota sama.. kalau sudah diterapkan kurikulum 2013, hanya saja simulasi digital tidak muncul disitiap program keahlian… contohnya jurusan perkantoran, akuntansi, bisnis dll tidak ada SIMULASI DIGITAL tapi TEKNOLOGI INFORMASI

  6. salam kenal pak rusmanto, saya sri mulyanto dari wonogiri, pingin belajar dari njenengan tentang simdig. saya juga mengajar kkpi di smk. sampai hari ini untuk mapel simdig belum dilaksanakan di sekolah kami, padahal sekolah kami termasuk sekolah piloting kur.2013. di sekolah pak rusmanto bagaimana ..?? apakah sudah dillaksanakan…??

  7. slamat pagi,,,masih setia dengan info mapel kkpi dan simdig 🙂

    ni sdikit cuplikan dr kepsek di smk Comal

    “Nantinya guru KKPI/TIK mjd layanan IT utk siswa,jd hitungannya spt BK bu?klo mapel simdig dr ditpsmk jg mjwb tdk ada.

    bgmn nasib ditahun ajaran baru guru kkpi,,,

Tinggalkan komentar